Selasa, 15 Januari 2013

Sejarah Hang Tuah


Keungulan wanita dalam sejarah Melayu lama

PERANAN WANITA YANG UNGGUL DALAM BUKU ‘ SEJARAH MELAYU’ TUN SRI LANANG
( Tulisan teks ini, mengambil contoh-contoh daripada buku histiografi sejarah terkemuka alam Melayu,Nusantara, iaitu ‘ Sejarah Melayu’)
Wanita
Peranan golongan wanita dalam politik tradisional Melayu mencakupi pelbagai bidang untuk dikaji secara mendalam. Kajian akan menumpukan peranan wanita dalam beberapa naskah histiografi tradisional Melayu.
Walaupun pelbagai tanggapan yang melemahkan peranan wanita tradisional Melayu di utarakan, namun beberapa bukti dapat dilihat hasil dari kajian yang dilakukan ke atas teks-teks atau naskhah-naskhah berbentuk sejarah silam.
Sejarah Melayu ( Versi W. G Shellabear) telah dikaji untuk melihat peranan golongan wanita tradisional dalam memainkan peranan mereka dalam struktur politik tradisional Melayu . Tanggapan yang menetapkan wanita sebagai tidak berperanan dalam mengubah atau mempengaruhi sistem politik dan geopolitik di kalangan masyarakat di zaman lampau ratusan tahun lalu, adalah bersalahan sama sekali. Peranan wanita didapati amat besar dan berpengaruh dalam menentukan hala tuju sesebuah kerajaan tradisional, contohnya kesultanan Melayu Melaka.
Sejarah Melayu telah mengisahkan perkahwinan di antara Putri Syahrul Bariyah dengan Raja Iskandar Zulkarnain[ 5]. Putri Syahrul Bariyah merupakan puteri kepada Raja Kida Hindi yang di Islamkan oleh Raja Iskandar Zulkarnain. Perkahwinan tersebut telah menghasilkan keturunan yang terbaik di kalangan raja-raja di benua India dan kepulauan Melayu di Nusantara, khususnya di dalam kesultanan Melayu Melaka. Anak lelaki Putri Syahrul Bariyah dan Raja Iskandar Zulkarnain, bernama Raja Aristun Syah berkahwin pula dengan puteri Raja Turkistan dan mendapat seorang putera dinamakan sebagai Raja Aftus. Keturunan dari Putri Syahrul Bariyah ini, akhirnya sampai kepada Raja Suran yang menyerang rantau Asia Tenggara ( Gangga Negara) dan menurunkan keturunan Raja-Raja Melayu. Perkahwinan Raja Suran dengan Putri Mahtabul Bahri di dalam alam ghaib di bawah laut telah menghasilkan tiga orang putera lelaki bernama Raja Aftabul Ard Nila Pahlawan, Kerisyna Pandita dan Nila Utama.
Peranan wanita yang dapat dikesan dalam perenggan ini adalah, wanita sebagai penerus warisan atau zuriat yang terbaik sehingga mengwujudkan sistem politik beraja yang terbaik dan disegani.
Peranan Wan Empuk dan Wan Malini yang mengusahakan bidang pertanian di Bukit Seguntang memainkan peranan penting mereka dalam meluaskan jajahan takluk kerajaan Melayu di rantau Melayu dan Nusantara. Wan Empuk berkahwin dengan Nila Pahlawan dan Wan Malini dengan Kerisyna Pandita setelah bertemu dengan putera-putera Raja Suran yang berketurunan Raja Iskandar Zulkarnain dan Putri Syahrul Bariyah sehingga mendapat keturunan yang bergelar Sang Sapurba. [19]
Perkahwinan Sang Sapurba dengan Wan Sendari puteri Demang Lebar Daun telah menghasilkan pula dua orang putera iaitu Sang Maniaka dan Sang Nila Utama ,serta dua orang puteri iaitu Putri Seri Dewi dan Putri Cendera Dewi. Continue reading 
Posted in Uncategorized | Tagged , | Tinggalkan komen

Rahsia Melayu dari keturunan Nabi Nuh as


RAHSIA DARI KETURUNAN NABI NUH AS
Yang agak berkemungkinan disusurgalur ialah dari salasilah Nabi Nuh daripada tiga anaknya, iaitu Ham, Yafit (Japheth), dan Sam. Dikatakan bahawa Ham berpindah ke Afrika yang keturunannya kemudian disebut Negro berkulit hitam, Yafit berpindah ke Eropah yang kemudian dikenali sebagai bangsa kulit putih, dan Sam tinggal di Asia menurunkan bangsa kulit kuning langsat. Putera kepada Sam ialah Nabi Hud yang tinggal di negeri Ahqaf yang terletak di antara Yaman dan Oman.Untuk menyiasat dan menjejaki dari mana asal-usulnya bangsa misteri ini kita terpaksa ke masa-masa terjadinya Banjir Besar,beribu-ribu (atau mungkin sampai jutaan tahun?) sebelum kelahiran Sargon dari Akkadia dan bangsa Sumeria apatah lagi kewujudan dinasti-dinasti China seawal Dinasti Xia dan kelahiran Tamadun Indus.
Difirmankan: “Hai Nuh, turunlah dengan selamat sejahtera dan penuh keberkatan dari Kami atasmu dan atas umat-umat (yang mukmin) dari orang-orang yang bersamamu. Dan ada (pula) umat-umat yang Kami beri kesenangan pada mereka (dalam kehidupan dunia), kemudian mereka akan ditimpa azab yang pedih dari Kami.” (Huud 11:48)
Selepas Banjir Besar surut,maka Nabi Nuh a.s pun keluar bersama-sama para pengikutnya seramai 80 orang (mengikut jumlah yang disepakati di dalam manuskrip-manuskrip kuno).Tempat di mana mendaratnya bahtera Nabi Nuh (Noah’s Ark) tidak dapat dipastikan dengan jelas tetapi pendapat yang popular ialah di Buki Judi di Pergunungan Ararat di Turki.Setelah keluar dari bahtera maka bertebaranlah pengikut-pengikut Nabi Nuh ke seluruh bumi termasuk anak-anaknya iaitu Ham,Sam dan Yafid (Japheth).Ham telah mengembara ke kawasan di sebelah Afrika,manakala Yafid bergerak arah barat di mana nanti anak cucunya akan hidup merentasi kawasan Mediteranean,Kaukasus,Tanah Besar Eropah dan kawasan di sebelah utara seperti Denmark,Norway dan lainnya.Sam pula menetap di Asia khususnya di Asia Barat.Sebahagian anak keturunannya ada yang bergerak ke timur jauh merentasi perbatasan China di mana terlebih dahulu direntasi oleh pengikut-pengikut Nabi Nuh yang bergerak ke kawasan sebelah Timur. INI ADALAH LAPISAN PERTAMA pergerakan anak-anak manusia selepas peristiwa Banjir Besar.
Nabi Nuh dan kaum kerabatnya yang lain masih menetap di Asia Barat.Dari kerabat Nabi Nuh ini maka lahirlah bangsa-bangsa purba Mesopotamia seperti Akkadia,Assyria dan bangsa-bangsa purba Babilon (termasuk Sumer dan Samiyah).Bangsa-bangsa ini membentuk peradaban Mesopotamia telah diperakui merupakan tamadun tertua di dunia dan digelar pusat ketamadunan dunia (adalah tamadun yang dikenalpasti mula-mula mencipta roda).Bangsa-bangsa yang membentuk tamadun ini merupakan bangsa yang bijak dan terdiri dari keturunan yang terlatih,mahir dan genius.Ini tidak menghairankan memandangkan mereka berasal dari keturunan Nuh sendiri dimana Nabi Nuh adalah seorang yang pintar dan seorang ‘patriarch’ yang disegani.Manakala pengikut-pengikut Nabi Nuh yang telah sampai di sebelah India,China dan Timur Jauh tetap meneruskan hidup mereka namun agak terbelakang dari segi pencapaian bangsa-bangsa yang tinggal di pusat tamadun Mesopotamia.Ini memandangkan para pengikut Nabi Nuh adalah terdiri dari orang-orang yang miskin dan melarat dimana sebelum Banjir Besar mereka bolehlah dikatakan tinggal dikawasan perkampungan (atau perumahan kos rendah pada istilah kini) ataupun menetap di setinggan-setinggan.Tahap pendidikan mereka yang rendah tidak memungkinkan mereka mendidik keturunan mereka secara intensif tidak seperti keturunan Nabi Nuh yang berasal dari golongan berpendidikan dan bijakpandai memandangkan Nabi Nuh sendiri selain seorang ahli agama, beliau juga adalah pakar dalam bidang zoologi dan kejuruteraan perkapalan.Beliau juga seorang ahli marin dan pelayaran yang berkemahiran.Sesungguhnya Allah s.w.t ,mengangkat para utusan-Nya dari kalangan yang terbaik dan dari keturunan yang terpelihara.Di sini kita boleh menimbangkan dua petunjuk misteri ini,
*Adakah bangsa Melayu berasal dari kaum kerabat Nabi Nuh AS?
*Atau berasal dari salah seorang pengikut Nabi Nuh AS?
‘Petunjuk Dari Banjir Besar’ ini juga dapat menjawab mengapa di Tanah Melayu telah terdapat kaum-kaum lain yang fizikal dan rupaparas mereka amat berlainan dari bangsa Melayu.Mengapa terdapat kaum di sebelah kepulauan Pasifik yang mengaku mereka berasal dari bangsa Melayu yang belayar dari sebelah Afrika (rujuk kaum Maori dan kaum-kaum kuno di kepulauan Hawai).Juga misteri Pulau Easter dimana patung-patungnya menyerupai batu-batu nisan Toroja dan tugu-tugu suku Batak.Sampai kini bangsa yang pernah mendiami pulau misteri tersebut masih samar-samar.Namun selepas ekspedisi yang digelar Kon-Tiki dalam tahun 1950′an yang mungkin merupakan ekspedisi paling penting selepas ekspedisi Galapagos,sebahagian misteri Pulau Easter telah terungkap.Kemajuan dari ekspedisi ini adalah kajian rapi mereka dari segi arkeologi,linguistik dan etnografi.Yang paling menarik adalah keputusan DNA dari tulang temulang yang dijumpai di sana menjelaskan bahawa kaum yang membina tugu-tugu misteri itu bukanlah berasal dari Indian Amerika tetapi Polinesia yang menerangkan mengapa penduduk setempat memanggil pulau itu sebagai Rapa Nui yang mana bunyi linguistiknya mendekati ala Tahitian dan orang Tahiti mendekati asalnya dari kumpulan Molukas-Samoa (keduanya dari kumpulan etnik yang sama).Merekalah yang belayar ke Kepulauan Marquesas kemudian ke Hawaii selepas itu ke New Zealand dan akhirnya ke Tahiti.Dan pelayaran ini berkemungkinan hanya menggunakan kayak purba dan ia digelar sebagai Catamaran/Trimarant yang dikenali sebagai kapal kecil yang stabil yang mampu mengharungi gelombang lautan.Dan yang menariknya kaum-kaum kuno di Indonesia telah lama diketahui menggunakan Trimarant yang mudah ditolak ketika pendaratan pantai.Sebab itu karakter tugu misteri di Pulau Easter menyamai tugu kaum Toroja dan Batak.
Betapa misterinya apabila ramai pengkaji tidak sependapat untuk menerangkan kehadiran kaum asli seperti Orang Asli,Jakun,Senoi dan sekumpulan dengan mereka di Tanah Melayu dan pada masa yang sama terdapat pula satu bangsa yang berbeza yang berkulit cerah sedikit atau sawo matang,berpakaian kemas,lebih terurus kehidupannya,berorganisasi malah berkerajaan sendiri dan pernah membina empayar-empayar hebat,tidaklah bercawat,dan masih mengamalkan kehidupan primitif seperti berburu binatang dan bercucuk tanam iaitu mengamalkan ekonomi sara diri.Ini tidak sepening kes antropologi lain seperti kehadiran bangsa kulit putih di Australia dan Benua Amerika.Kes unik antara bangsa Melayu dan Orang Asli adalah masalah beribu-ribu tahun dahulu tidak seperti kes Red Indian dan Koloni Eropah.Ini menunjukkan sebelum konotasi ‘Dunia Baru’ yang popular digunakan dikalangan pengembara Eropah seperti Amerigo Vespucci,Magellan dan Columbus merujuk kepada Tanah Amerika,bangsa Melayu telah lama menemui ‘Dunia Baru’ mereka beribu tahun yang lampau lama sebelum kelahiran Raja Manuel Sepanyol mahupun Christopher Columbus.
Kunci kepada rahsia ini adalah terletak kepada pergerakan keturunan Ham,iaitu salah seorang anak Nabi Nuh yang menurunkan bangsa-bangsa berkulit gelap seperti di sebelah Afrika dan pergerakan bangsa Mala dari keturunan Keturah mengikut jalan laut.Kunci ini akan membuka satu persoalan yang sekian lama menghantui para ahli antropologi mengapa kaum-kaum Polinesia seperti Orang Asli,Maori,Aborigin dan suku-suku Hawaii umumnya berambut keriting,berkulit gelap serta memiliki raut wajah dan postur seperti kaum-kaum di Afrika dan berlainan dari etnik-etnik Melayu seperti Jawa,Banjar,Bugis,Kedah,Pahang dan sebagainya.Kaum asli Polinesia ini adalah HYBRID KEPADA KETURUNAN HAM DAN BANGSA MALA-KETURAH.Pergerakan pertama dipercayai adalah dari jurai keturunan Heth bin Kanaan bin Ham bin Nuh a.s.Merekalah yang sampai dahulu di Kepulauan Pasifik dan pulau-pulau Polinesia termasuk Australia membentuk kaum Aborigin.Kemudian tibalah pula keturunan Keturah setelah memakan beberapa generasi.Keturunan Keturah ini adalah kumpulan kedua iaitu yang mengikut jalan laut dari sebelah barat (dari arah Afrika) di mana kumpulan pertama bangsa Mala melakukan perjalanan darat menuju ke hujung dunia ‘Semenanjung Emas’.Ini menerangkan mengapa kaum asli di salah satu kepulauan Jepun,kaum asli purba di Taiwan dan etnik-etnik Polinesia di Pasifik seperti di Hawaii,Papua dan sebagainya memiliki beberapa perkataan mirip bahasa Melayu berserta maksud yang sama seperti ‘batu’ dan ‘mata’.Kaum asli ini yang berasal dari keturunan Ham anak Nabi Nuh a.s yang menurunkan bangsa Afrika mengalami pertentangan untuk bertahan dengan kedatangan bangsa Mala keturunan Siti Keturah dan Nabi Ibrahim yang lebih maju dan berfizikal lebih besar dari mereka.Akibatnya mereka yang tidak dapat berasimilasi terpaksa berpindah ke kawasan lebih pedalaman.Terdapat juga interaksi sosial di antara kedua-dua kaum ini seperti perdagangan malah ada yang berkahwin sesama mereka.Warisan Budaya Alamiah
Foto

JENAZAH BERUBAH MENJADI BABI HUTAN


Seorang anak mendatangi Rasulullah sambil menangis. Peristiwa itu sangat mengharukan Rasulullah S.A.W yang sedang duduk bersama-sama sahabat yang lain.
"Mengapa engkau menangis wahai anakku?" tanya Rasulullah. "Ayahku telah meninggal tetapi tiada seorang pun yang datang melawat. Aku tidak mempunyai kain kafan, siapa yang akan memakamkan ayahku dan siapa pula yang akan memandikannya?" Tanya anak itu.
Segeralah Rasulullah memerintahkan Abu Bakar dan Umar untuk menjenguk jenazah itu. Betapa terperanjatnya Abu Bakar dan Umar, mayat itu berubah menjadi seekor babi hutan. Kedua sahabat itu lalu segera kembali melapor kepada Rasulullah S.A.W.

Maka datanglah sendiri Rasulullah S.A.W ke rumah anak itu. Didoakan kepada Allah sehingga babi hutan itu kembali berubah menjadi jenazah manusia. Kemudian Nabi menyembahyangkannya dan meminta sahabat untuk memakamkannya. Betapa herannya para sahabat, ketika jenazah itu akan dimakamkan berubah kembali menjadi babi hutan.
Melihat kejadian itu, Rasulullah menanyakan anak itu apa yang dikerjakan oleh ayahnya selama hidupnya.
"Ayahku tidak pernah mengerjakan solat selama hidupnya," jawab anak itu. Kemudian Rasulullah bersabda kepada para sahabatnya, "Para sahabat, lihatlah sendiri. Begitulah akibatnya bila orang meninggalkan solat selama hidupnya. Ia akan menjadi babi hutan di hari kiamat."

Minggu, 06 Januari 2013

MENANGKAP MAKNA DIBALIK FENOMENA


by alfarizal


MUKADIMAH

Tulisan ini sekedar mengulang kembali hasil muzakarah yg berawal dari sebuah perenungan secara individu dan disatukan secara berjamaah. Tentunnya renungan tersebut atas dasar iman dengan melihat fenomena-fenomena yang ada.  Resfon yg muncul kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan.  Tentunya tulisan ini memeliki standard dan referensi yg dapat dipertanggung jawabkan seperti Al-Quran, hadist dan Pendapat para ulama  serta ilmu pengetahuan alam yg  dijadikan sandaran.

·         CARA BERPIKIR
            Ada 3 cara berpikir sehat sehingga bisa mempengaruhi jiwa seseorang, sukur sukur bisa ia lakukan dalam bentuk perbuatan. Cara berpikir tersebut dapat memberikan supplement energi didalam tubuh kita sekaligus memotivasi iman seseorang.
  1. Berpikir tentang fenomena kejadian alam
  2. Berpikir tentang aib diri sendiri saat berzikir kepada Allah SWT diringi niat beramal soleh
  3. Berpikir tentang sejauhmana kepedulian terhadap tegaknya agama dan penyebaran agama.
Berpikir tentunnya lebih baik dituangkan kedalam bentuk perbincangan dalam majles-majelis pertemuan. Paling tidak ada 2 orang anggota disana.
            Yang Pertama Jika kita berpikir tentang fenomena dan kejadian alam, tentunya akan menggugah jiwa terhadap keberadaan dan manfaat alam itu sendiri bagi manusia. Kemudian akan menimbulkan rasa berkeyakinan yg dalam  sehingga  memunculkan kekuatan tauhid dan berakhir dengan kata “bahwa tiada sia-sia Allah menciptakan ini semua dan maha sempurna ciptaan Allah, ini semua karena kekuasaan Allah swt.”
            Yang Kedua Jika kita berpikir tentang aib diri sendiri sudah pasti kita sedikit memiliki waktu untuk menilai-nilai dan membicarakan aib orang lain, mungkin tidak sempat, kalaupun ada, barangkali tidak terlalu tertarik.
            Yang  Ketiga, Jika kita berpikir tentang kepedulian terhadap tegaknya nilai –nilai agama (Kebenaran), kita teringat bagaimana fungsi keberadaan kita hidup didunia ini. Barangkali bagi orang yg beriman nilainya tidak sama dengan orang yg tidak beriman. Ia memiliki kesadaran tanggung jawab moral terhadap tegak nya siar-siar nilai kebenaran diatas bumi. Ini adalah amanah yg harus dipikul untuk melanjutkan risalah penyebaran agama. Bisa saja Allah bekerja sendiri untuk memahamkan dan menyebarkan agama ini kepada manusia dengan sekelip mata membuat orang semuannya beriman , tetapi apa guna orang-orang yg telah dipilih untuk melanjutkan tugas penyebaran nilai-nilai kebenaran ini. Tentulah inilah nilai yg tertinggi, apalagi sampai mereka mati syahid.

·         FUNGSI HIDUP
Setiap mahluk, baik yang hidup maupun yang mati memiliki fungsi masing-masing. Ia diciptakan oleh Allah sesuai dengan fungsinya. Hidup bukan hanya sekedar hidup, tapi memiliki fungsi atau peran, fungsi itu berorientasi kepada sesama manusia , hewan, tumbuhan dan benda mati sekalipun.  Bagi manusia tergantung statusnya, seorang bapak fungsinya sebagai pemimpin keluarganya,seorang guru pemimpin anak muridnya paling tidak manusia itu berfungsi untuk dirinya sendiri. Namun fungsi yg ideal dan mulia dipandangan Allah SWT  ialah ketika manusia mampu mengemban nilai-nilai dakwah dan menyebarkannya baik dengan bentuk lisan, ucapan maupun perbuatan. Dari  uraian singkat diatas dapatlah diambil kesimpulan 2 fungsi  manusia hidup yaitu sebagai mahluk manusia umumnya (Fitrah) dan sebagai penegak nilai nilai kebenaran (Dakwah). Kedua fungsi ini harus berkaitan dan tiak bisa dipisah-pisah kan satu sama lain, apalagi bagi menusia yang mengaku sebagai seorang mukmin.

·         AIR MATA
Jatuhnya air mata seseorang pasti ada sebabnya, banyak hal yg melatarbelakangi air mata itu bisa keluar dari sumbernya. Tentunya ini karena resopon dari ekternal maupun internal. Faktor ekternal ( Objek langsung) biasanya air mata itu jatuh karena kesedihan, kegembiraan, haru, tertawa semuanya itu hasil tangkapan indra-indra dari kejadian diluar lingkungan tubuh manusia. Air mata yang jatuh karena itu bersifat temporer, semuannya akan berlalu ditelan waktu. Selain itu ada air mata yang jatuh berasal dari internal (Objek tak Langusung).tubuh manusia yg dilatarbelakngangi rasa ketuhanan karena merasakan kebesaran dan kekaguman serta ketakutan kepada Sang Pencipta Alam. Air mata seperti ini tentu memberikan motivasi kekuatan iman seeorang hamba. Hatinya lebih peka dan terus menerus tunduk kepada peraturan tuhannya jika ia istiqomah menjalankan segala perintah dan menjauhi segala larang-Nya.

·               MEREKA YANG TIDAK MENDAPAT PETUNJUK


إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ
Sesungguhnya Tuhanmu, Dia-lah Yang Paling Mengetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya; dan Dia-lah Yang Paling Mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk (QS: 68:07)
Orang yang  percaya kepada Tuhannya akan berharap mendapat petunjuk  Hal ini adalah wajar dalam berkeyakinan. Petunjuk yg diharapkan itutentunya berasal dari yg menciptakan manusia itu sendiri. Islam memberitahukan hal ini didalam AlQuran pada surat Al- Qalam yag dimulai dari ayat 7.  Minimal pada ayat ini memberikan ciri-ciri atau karakter manusia yang tidak mendapat petunujuk.
  1. Orang-orang yang mendustakan Al-Quarn
  2. Orang orang yang banyak bersumpah
  3. Orang-orang yang banyak mencela
  4. Orang-orang yang banyak menghaburkan fitnah kesana kemari
  5. Orang yang enggan berbuat baik
  6. Orang-orang yang bersikap kasar dan kaku karena memiliki banyak harta dan anak.
Diawal surat Al-Baqarah secara sederhana Allah juga menginformasikan mereka yang akan  mendapat petunjuk ialah 




  • HIDUP  IDEAL
Banyak konsep teori  ilmu yang menawarkan kepada manusia untuk memberikan gambaran hidup yang ideal, hidup yang memberikan kepuasan dan kesenangan serta ketenangan kepada manusia. Pada umumnya ukuran dan barometernya adalah apabila sarana hidup terpenuhi dan melebihi dari kebutuhan sehingga hidup yg ideal telah didapat. Diantara sarana itu ialah Harta, Status sosial, Wanita, Anak dan Keturunan. Apakah benar dengan sarana seperti itu hidup sudah ideal ?. Manusia lupa dengan bencana ancaman yg akan menimpa atau cobaan boleh jadi juga ujian sehingga menyebabkan kehilangan semua itu.  Apabila ini datang maka kegoncangan akan menerpa jiwa hidup manusia. Banyak yg stres, menyesal dan menangis, bahkan mungkin ada yang bunuh diri.  Seharusnya untuk mencapai hidup yang ideal, manusia harus mampu menghidupkan kesadaran kecerdasan potensi yg ada pada manusia itu sendiri. Potensi kecerdasan itu telah dianugrahan oleh Allah SWT kepada manusia, karena Dia menciptakan dan menguasai segala apa saja yang berada dilangit dan bumi. Kecerdasan itu ialah Emosional, Intelektual dan Spiritual. Ke tiga Potensi ini harus dioptimalkan sebagai modal dasar untuk mengarungi roda kehidupan.   .............

  • DERAJAT MANUSIA
Sering kali Manusia mudah menilai sesuatu karena wujud dan keberadaan suatu benda atau materi. Penilaian itu sangat mudah dilontarkan dan disebarbakan sehingga mempengaruhi persepsi seseorang bahkan sampai ketaraf mengultuskan. Disalah satu sebuah perkampung ada seorang yang kaya raya berlimpahan materi dan memiliki banyak anak. Orang orang sekelilingnya sangat segan dan takut serta sangat berharap banyak dari pertolongan harta yang ada padanya. Seperti biasanya dikalangan umum orang kaya tersebut mendapat kedudukan yang tinggi dimata masyarakat sekelilingnya.  Ia menjadi penutan bahkan .........
  • RELATIVITAS
Jika menilai sesuatu dari sudut pandang yang berbeda akan ada perbedaan itulah yang dinamakan dengan relativitas.  Kebahagiaan persi orang kaya berbeda dengan orang yang miskin. Kebahagiaan orang berpacaran berbeda dengan orang telah berkeluarga. Munculnya teori relativitas yang terkenal dari Enstein adalah melihat perbedaan waktu dari sudut padang tempat yang berbeda........
  • TAUHID KEBERADAAN ALAM
Menurut kesimpulan sementara para ilmuan, Alam semesta ini mengandung 4 unsur yaitu Ruang, Massa, Materi dan Energi. Semua yang ada dalam alam ini tidak terlepas dari 4 unsur tersebut, baik itu benda hidup maupun benda mati ataupun yang tak nampak  oleh mata kasat. Mungkinkah ada sesuatu yang lain dari keempat unsur tersbut ?. Islam menginformasikan  kepada manusia melalui proses pengajaran tauhid bahwa Allah sendiri  sulit terdeteksi bahkan sampai saat ini tidak ada satu konsep ilmu pun yang mampu menemukan komponen empiris tentang keberadaan Allah itu sendiri.
Keyakinan seorang muslim melalui ayat-ayat Al-quran dan Hadist sudah cukup memadai memaklumi ini, bahkan memberikan rasa kepuasan dan kenikmatan dalam beribadah. Dalam 2 sumber tersebut intinya bahwa Allah itu ada tetapi tidak diketahui wujud dan keberadaannya, seorang muslim hanya dapat mengetahui dari hasil penciptaannya yang sangat mengagumkan.

KESABARAN
Tidak mudah menjiwai sabar, bukan hanya sekedar teori kemudian diucapkan dengan lisan serampangan. Perlu dilihat orientasi dan sandarannya kemanana ?. Kemudian sumber datangnya dari mana ?.  Barangkali sabar yang paling tinggi ialah sabar ketika kita mematuhi segala perintah dan menjauhi segala larangan, ini ungkapan para ulama besar………………….

PEMILU YANG GAGAL
Jika suara hati nurani telah diboncengi dengan kepentingan dan imbalan, maka pancaran kekuatannya akan hilang. Pilihan hati cendrung akan salah walaupun akal secara logika membenarkan. …….

APA YANG KITA TUNGGU
Gemerlap kehidupan didunia  ini bukanlah suatu yang dapat menenangkan diri kita, kalaupun ia itu terjadi sifatnya hanya sebentar saja. Lalu apa yang kita harapkan..??, sebenarnya kita menunggu suatu peralihan tempat. Sebaiknya kita harus mepersiapkan proses peralihan itu. Lalu kemana kita akan pergi ? Bagi yang muslim tentu mesti tahu jawabannya. Namun itu semua tdak cukup hanya sebatas tahu, tetapi harus dilakukan dgn perbuatan dan dgn niat iklas sehingga memperoleh energi. Melalui perbuatan amal yang baik dan beribadah sesuai syariat akan menghantarkan kita kemana kita setelah hidup ini. 

Kamis, 03 Januari 2013

PTK GURU


A. Pengertian Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian Tindakan Kelas diambil dari istilah bahasa Inggris Classroom Action Research (CAR). Dalam istilah tersebut terdapat tiga kata kunci, yaitu (1) penelitian, (2) tindakan, dan (3) kelas. Suharsimi (2006:2) menyatakan bahwa penelitian merujuk pada suatu kegiatan dengan menggunakan cara dan aturan metodologi tertentu untuk memperoleh data atau informasi yang bermanfaat dalam meningkatkan mutu suatu hal yang menarik minat dan penting bagi peneliti.

Penelitian pada dasarnya merupakan suatu kegiatan ilmiah untuk memperoleh pengetahuan yang benar tentang suatu masalah. Pengetahuan yang diperoleh dari penelitian terdiri atas fakta, konsep, generalisasi, dan teori yang memungkinkan manusia dapat memahami fenomena dan memecahkan masalah yang dihadapinya.

Kegiatan ilmiah untuk memperoleh pengetahuan yang benar (yang bersifat relatif) sebagai penyempurnaan pengetahuan sebelumnya telah dilaksanakan oleh para peneliti dan ilmuwan dalam bidang ilmunya masing-masing. Secara akumulatif hasil penelitian memberikan an sumbangan penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam berbagai bidang. Di samping itu, hasil penelitian juga telah memungkinkan manusia dapat lebih baik memecahkan masalah-masalah praktis yang dihadapi dalam hidupnya.

Kata kunci kedua dalam terminologi PTK (CAR) adalah Tindakan. Pengertian Tindakan merujuk pada suatu gerak kegiatan yang disengaja dilakukan dengan tujuan tertentu. Dalam PTK, tindakan berbentuk rangkaian siklus kegiatan untuk siswa. Kata kunci ketika dalam PTK, adalah Kelas. Pengertian Kelas, tidak terikat pada pengertian ruang kelas secara sempit, namun dalam konteks ini kelas merujuk pada pengertian sekelompok siswa yang dalam waktu yang sama menerima pelajaran yang sama dari guru yang sama pula. Dengan demikian, Kelas adalah sekelompok siswa yang sedang belajar. (Suharsimi, dkk, 2006:3). Sedangkan Siregar (2005:8) mengemukakan bahwa istilah kelas dalam PTK merujuk pada proses belajar mengajar (PBM ).

Dengan merujuk pada tiga kata kunci tersebut, dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas bersama Lebih lanjut Suharsimi (2006:4) menyebutkan istilah Penelitian Tindakan Kelas dipahami sebagai Penelitian Tindakan.

Pengertian tentang Penelitian Tindakan Kelas diajukan oleh banyak ahli, namun dalam modul ini hanya beberapa pendapat ahli saja yang akan dikemukakan. Hopkin (1993: 1), mengemukakan bahwa, penelitian tindakan kelas adalah tindakan yang diambil guru untuk meningkatkan dirinya atau teman sejawatnya untuk menguji asumsi-asumsi teori pendidikan di dalam praktik, atau mempunyai makna sebagai evaluasi dan implementasi keseluruhan prioritas sekolah. Guru dalam melaksanakan penelitian kelas pada dasarnya memperluas perannya termasuk di dalamnya melakukan refleksi kritis terhadap tugas profesionalnya. Dengan demikian, guru yang melakukan penelitian di dalam kelas atau menyangkut praktik pembelajaran, guru dapat meningkatkan tanggungjawabnya terhadap praktik yang mereka lakukan, dan menciptakan lingkungan yang lebih dinamis dan menarik dalam praktik pembelajaran.

Lewin (1947) dalam Hopkin (1993) menyatakan definisi penelitian tindakan sebagai tiga tahap proses spiral tentang: (1) perencanaan yang meliputi penelitian pendahuluan ( reconnaissance ), (2) pengambilan tindakan, dan (3) pengambilan data ( fact-finding ) tentang hasil tindakan yang dilakukan. Sedangkan Corey (1953) menyatakan penelitian tindakan merupakan proses yang dilakukan oleh praktisi dalam usahanya untuk mempelajari masalah yang ditemuinya dalam melaksanakan tugas secara ilmiah untuk pembimbingan, perbaikan, dan pengevaluasian keputusan dan tindakannya. Glickman (1992) merumuskan penelitian tindakan dalam pendidikan sebagai studi yang dilakukan teman sejawat di sekolah sebagai hasil dari aktivitas yang dilakukannya untuk memperbaiki pengajaran. Calhoun (1994) menyatakan bahwa penelitian tindakan adalah cara yang menarik ( fancy ) untuk mengajak mempelajari hal-hal yang terjadi di dalam sekolah dan menentukan cara membuat suasana menjadi lebih baik. Carr dan Kemmis (1996) mengenalkan istilah Educational Action Research , yang selanjutnya dikenal dengan nama C lassroom Action Reseach (CAR/ Penelitian Tindakan Kelas ) . Penelitian Tindakan Kelas muncul sebagai reaksi terhadap kekurangpedulian peneliti pendidikan terhadap masalah-masalah nyata yang dialami guru di dalam kelas. Selama ini penelitian-penelitian pendidikan kurang banyak bermanfaat, karena bersifat abstrak, teoritis, dan kurang tampak hasilnya di sekolah. Dalam penelitian-penelitian pendidikan, guru kurang dilibatkan, sering kali guru dijadikan obyek penelitian, guru yang diteliti tidak pernah mendapat balikan tentang berhasil tidaknya pembelajaran yang ia lakukan. Sedangkan Rustam Mundilarto (2004:1) mengemukakan bahwa PTK adalah sebuah mengemukakan penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merancang, melaksanakan, dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.

Berdasarkan berbagai definisi yang diajukan oleh berbagai ahli tentang penelitian tindakan (kelas atau di dalam pendidikan), dapat kita kemukakan bahwa pada dasarnya semua definisi tersebut menyebutkan tentang tindakan yang dilakukan di dalam pembelajaran, dilakukan oleh guru dan teman sejawatnya, bertujuan untuk memperbaiki keputusan dan/atau tindakan yang dilakukan sebelumnya. Penelitian tindakan dikenal dengan beberapa nama, diantaranya penelitian participatory, inkuiri kolaborasi, penelitian emansipatory dan action learning , perbedaannya terletak pada temanya.

Secara sederhana, penelitian tindakan merupakan learning by doing , dimana sekelompok orang mengindentifikasi masalah, melakukan sesuatu kegiatan untuk melakukan pemecahan masalah, mengkaji keberhasilan upaya-upaya mereka, dan jika tidak memuaskan, mereka mencoba melakukan pemecahaan masalah kembali. ( O'Brien, 1998:2)

Dari berbagai pengertian di atas, maka penelitian tindakan dalam kontek pendidikan dan atau dalam konteks pembelajaran dapat dinyatakan sebagai berikut :

Penelitian tindakan dalam konteks pembelajaran dikenal dengan nama Penelitian Tindakan Kelas PTK), yaitu suatu upaya dari berbagai pihak terkait, khususnya guru sebagai pengajar untuk meningkatkan atau memperbaiki proses belajar mengajar ke arah tercapainya tujuan pendidikan atau pembelajaran itu sendiri. Masalah penelitiannya bersumber dari lingkungan kelas yang dirasakan sendiri oleh guru untuk diperbaiki, dievaluasi, dan akhirnya dibuat suatu keputusan dan dilaksanakan suatu tindakan untuk memperbaiki masalah yang ditemukan dalam pembelajaran tersebut.

Jadi sebenarnya penelitian tindakan itu secara alamiah telah dilaksanakan oleh guru dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari. Namun demikian, hal itu tidak secara otomatis dapat dikatakan penelitian tindakan, sebab ciri utama penelitian tindakan terletak pada perencanaan yang matang.
sumber



B. Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Setiap penelitian memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dari penelitian lainnya. Dari beberapa literatur yang sangat terbatas, penulis mengidentifikasi beberapa karakteristik Penelitian Tindakan Kelas, yaitu sebagai berikut.

• Masalah yang diangkat untuk dipecahkan melalui PTK harus berasal dari persoalan praktik pembelajaran sehari-hari yang dihadapi oleh guru. Permasalahan penelitian hendaknya bersifat konstektual dan spesifik.

• Tujuan utama PTK adalah untuk meningkatkan/memperbaiki praktik-praktik pembelajaran secara langsung daripada menghasilkan pengetahuan.

• Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berlingkup mikro, dilakukan dalam lingkup kecil, bisa satu kelas atau beberapa kelas di suatu sekolah tertentu, sehingga tidak terlalu menghiraukan kerepresentatifan sampel. Istilah sampel dan pupulasi tidak diperlukan dalam PTK ini, karena hasil PTK tidak untuk digeneralisasikan.

• Hasil temuan PTK adalah pemahaman mendalam mengenai kehidupan kelas.

• Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat praktis dan langsung relevan untuk situasi yang aktual di dalam dunia kerja atau dunia pendidikan.

• Pada PTK, peneliti sebagai guru tetap melaksanakan tugasnya sehari-hari mengajar di kelas dan guru sebagai peneliti dapat melakukan perubahan-perubahan atau pemecahan masalah untuk perbaikan atau peningkatan pembelajaran.

• Penelitian Tindakan Kelas (PTK) termasuk jenis penelitian terapan yang melibatkan peneliti secara aktif mulai dari pembuatan rancangan penelitian, rencana tindakan, sampai pada penerapannya dengan modifikasi intervensi yang sesuai dengan perkembangan kelas.

• Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat fleksibel dan adaptif, membolehkan peneliti mengadakan perubahan-perubahan selama dalam masa penelitian dan mengorbankan kontrol demi kepentingan pelaksanaan on the spot experimentation dan inovasi.

• Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dapat dilaksanakan secara kolaboratif, yaitu kerja sama antara teman sejawat, atau kepala sekolah, dan pakar pendidikan, untuk berbagi kepakaran dan atas pemahaman terhadap kelebihan masing-masing. PTK dapat juga dilakukan secara individual (oleh seorang peneliti), dan atau dalam bentuk tim.

10.Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dengan langkah-langkah berupa siklus yang sistematis, dengan urutan dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.



C. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas

Tujuan penelitian tindakan kelas banyak dikemukakan oleh banyak ahli, namun berikut ini hanya beberapa pendapat yang dikemukakan. Hopkin (1993:44) mengemukakan tujuan PTK adalah untuk: (1) memberikan kontribusi terhadap pemecahan permasalahan praktis dan pengembangan keprofesian guru ( terutama dalam menerapkan teori ke dalam praktik mengajar); (2) untuk memberikan pengetahuan, pemahaman dan wawasan yang akan memberikan kepekaan kepada guru bagaimana siswanya belajar dalam mata pelajaran tertentu. Sedangkan Mc Niff (1992) mengemukakan bahwa tujuan PTK adalah untuk perbaikan. Kata perbaikan di sini mengacu dan memiliki konteks proses pembelajaran di kelas. Dengan demikian tujuan utama dari PTK adalah untuk peningkatan dan atau perbaikan praktik pembelajaran yang seharusnya dilakukan oleh guru.

Suyanto (1996) menjelaskan bahwa PTK merupakan salah satu cara yang strategis bagi guru untuk meningkatkan diri atau memperbaiki layanan pendidikan dalam konteks pembelajaran di kelas. Tujuan ini dapat tercapai apabila guru melakukan berbagai tindakan alternatif dalam memecahkan berbagai persoalan pembelajaran di kelas. Tujuan iringan dari PTK ini adalah terjadinya proses latihan bagi guru dalam jabatan selama proses penelitian tindakan berlangsung. Zainal Aqib (2006:18) mengemukakan juga bahwa PTK merupakan cara yang strategis bagi guru untuk memperbaiki layanan kependidikan yang harus diselenggarakan dalam konteks pembelajaran di kelas dan peningkatan kualitas program sekolah secara keseluruhan. Dengan demikian, guru akan mendapatkan banyak pengalaman tentang keterampilan praktik pembelajaran , dan bukan bertujuan untuk mendapatkan ilmu baru.

D. Kegunaan Penelitian Tindakan Kelas

Apabila guru melaksanakan penelitian tindakan kelas, guru akan banyak memperoleh manfaat. Manfaat dari PTK antara lain adalah sebagai berikut.


• Inovasi Pembelajaran

Guru perlu mencoba mengubah, mengembangkan, dan meningkatkan gaya mengajarnya agar ia mampu melahirkan gaya dan model pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kelasnya. Setiap tahun, Guru akan selalu berhadapan dengan siswa yang berbeda, karena itu, jika guru melakukan PTK yang dimulai dari persoalannya sendiri, dan menghasilkan pemecahannya sendiri, maka secara tidak langsung ia telah terlibat dalam proses inovasi pembelajaran.

• Peningkatan Profesionalisme Guru

Mc Niff (1992:9) menyimpulkan bahwa dalam PTK guru ditantang untuk terbuka pada pengalaman dan proses-proses baru. Dengan demikian tindakan-tindakan dalam PTK merupakan pendidikan bagi guru dan secara tidak langsung dapat meningkatkan keprofesionalan mereka dalam proses pembelajaran di kelas.

Guru yang profesional akan selalu mengkaji dan melakukan penilaian secara kritis terhadap praktik pembelajarannya. Apabila guru melihat kinerjanya sendiri, dan ia merefleksikan apa yang telah dilakukannya, lalu ia memperbaikinya, maka pada akhirnya guru akan mendapatkan otonominya secara profesional.
@http://www.p4tkipa.org/
A.  Penyusunan Proposal / Usulan Penelitian Tindakan Kelas
Kerja penelitian dimulai dengan membuat rencana. Rencana penelitian umumnya disebut proposal atau usulan penelitian. Dengan demikian usulan penelitian merupakan langkah pertama dari kerja penelitian. Pada umumnya proposal PTK terdiri atas komponen-komponen berikut.
1. Judul PTK
Judul dinyatakan dengan kalimat sederhana, namun tampak jelas maksud tindakan yang akan dilakukan dan di mana penelitian dilaksanakan, jika diperlukan cantumkan semester/tahun ajaran.
Berikut contoh judul PTK:
•  Penggunaan Model Pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat Untuk Melatihkan Keterampilan Teknologi Pada Kegiatan Rancang Bangun Karya Listrik di Kelas V SD.
•  Penggunaan Alat Peraga APIUK Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Lambang Unsur dan Rumus Kimia di Kelas VII Semester 1 SMP.
•  Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Biologi.
•  Peningkatan Keterampilan Menginfer dan Menginterpretasikan Data Dalam Pelajaran IPA di SMP Pada Topik Perpindahan Energi Dengan Model Pembelajaran Induktif.
2. Bab Pendahuluan
Bagian pendahuluan berisikan tentang penjelasan:
a  Latar belakang
Dalam latar belakang dijelaskan kondisi objektif yang mengharuskan dilaksanakannya PTK. Kondisi ini merupakan hasil identifikasi guru terhadap masalah pembelajaran yang dilaksanakan. Masalah yang diteliti benar-benar masalah pembelajaran yang terjadi dan mendesak untuk dipecahkan, serta dapat dilaksanakan ditinjau dari ketersedian waktu, biaya, daya dukung lainnya yang dapat memperlancar penelitian tersebut. Di samping itu, kemukakan kondisi pembelajaran yang seharusnya dilakukan dan kondisi yang ada sehingga jelas terdapat kesenjangan yang merupakan masalah yang menuntut untuk dicari solusinya melalui PTK. Secara garis besar dikemukakan juga tindakan yang akan dilakukan pada subjek pelaku tindakan dan menjelaskan mengapa tindakan tersebut diberikan. Pada bagian pendahuluan, penulis boleh sedikit menyinggung teori yang melandasi diajukannya ide atau gagasan untuk mengatasi masalah.
b  Perumusan Masalah
Rumuskan masalah dalam bentuk rumusan penelitian tindakan kelas. Dalam perumusan masalah dapat dijelaskan definisi asumsi, dan lingkup yang menjadi batasan penelitian. Rumusan masalah sebaiknya menggunakan kalimat tanya dengan mengajukan alternatif tindakan yang akan dilakukan.
Contoh rumusan masalah:
Judul PTK
Rumusan Masalah
Penggunaan Model Pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat Untuk Melatihkan Keterampilan Teknologi Pada Kegiatan Rancang Bangun Karya/Alat Listrik di Kelas V SD.                Apakah penerapan Model Pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat dapat melatihkan keterampilan teknologi pada kegiatan rancang bangun karya/ Alat Listrik pada siswa kelas V SD?
Penggunaan Alat Peraga APIUK Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Lambang Unsur dan Rumus Kimia di Kelas VII Semester 1 SMP            Apakah penggunaan Alat Peraga APIUK dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Lambang Unsur dan Rumus Kimia di Kelas VII Semester 1 SMP?
Peningkatan Keterampilan Menginfer dan Menginter-pretasikan Data D alam Pelajaran IPA di SMP Pada Topik Perpindahan Energi Dengan Model Pembelajaran Induktif.     Bagaimanakah cara meningkatkan keterampilan siswa dalam menginfer dan menginterpretasikan data pada topik Perpindahan Energi melalui model Pembelajaran Induktif?
Pada awalnya, mengidentifikasi masalah adalah sulit, namun ada beberapa pertanyaan yang dapat membantu kita dalam mengidentifikasi masalah PTK. Hopkins (1993:63) mengemukakan beberapa pertanyaan untuk membantu memfokuskan permasalahan, yaitu:
•  Apa yang sekarang sedang terjadi?
•  Apakah yang sedang berlangsung itu mengandung permasalahan?
•  Apa yang dapat saya lakukan untuk mengatasinya?
•  Apakah yang ingin saya perbaiki?
•  Adakah gagasan yang ingin saya cobakan di kelas saya?
Setelah terindentifikasi fokus masalah PTK, untuk membantu menentukan masalah yang akan dipilih, jawablah pertanyaan berikut:
•  Apakah dengan fokus tersebut anda dapat memperbaikinya?
•  Apakah orang lain juga merasakan hal yang kurang beres itu?
•  Apakah anda merasa kebingungan dengan apa yang ditemukan?
•  Apakah anda semakin terdorong untuk mencari solusi untuk permasalahan itu?
Rumusan masalah hendaknya juga memberikan informasi tentang what (apa yang dipermasalahkan; who( siapa yang terlibat sebagai objek masalah); where (dimana terjadinya masalah); when (kapan terjadinya masalah); dan how (bagaimana penyimpangan).
Berikut ini contoh masalah yang bersifat umum:
Minat belajar siswa terhadap pelajaran IPA rendah
Dari masalah yang bersifat umum di atas, dapat dispesifikkan sebagai berikut:
Lebih dari 70% minat dan aktivitas siswa kelas VII SMP SEDEC Bandung pada tahun 2007 terhadap pelajaran IPA rendah.
Dari masalah di atas dapat ditelusuri hal-hal berikut:
•  Apa yang menjadi masalah? ( minat dan aktivitas siswa terhadap pelajaran IPA )
•  Siapa yang mengalami masalah? ( siswa kelas VII)
•  Di mana masalah itu terjadi? ( di kelas VII SMP SEDEC Bandung)
•  Kapan masalah itu terjadi? ( tahun 2007)
•  Berapa banyak siswa yang mengalami masalah? ( lebih dari 70%)

c  Pemecahan Masalah
Pada bagian ini uraikan alternatif tindakan yang akan dilakukan untuk memecahkan masalah. Pendekatan dan konsep yang digunakan untuk menjawab masalah yang diteliti hendaknya sesuai dengan kaidah penelitian tindakan kelas. Cara pemecahan masalah ditentukan berdasarkan pada akar penyebab permasalahan dalam bentuk tindakan yang jelas dan terarah.
Untuk mencari akar penyebab timbulnya masalah dapat ditelaah dengan menjawab beberapa pertanyaan, misalnya:
•  Bagaimanakah suasana belajar siswa dalam pelajaran IPA?
•  Apakah metode/pendekatan/model pembelajaran yang digunakan guru menarik?
•  Apakah pembahasan mata pelajaran IPA menyentuh lingkungan siswa sehari-hari?
Dengan menjawab beberapa pertanyaan yang diduga menjadi akar masalah, anda dapat menentukan alternatif pemecahan masalah.

d  Tujuan penelitian
Tujuan penelitian merupakan proses yang akan dilakukan atau kondisi yang dinginkan setelah dilaksanakannya PTK. Tuliskan tujuan penelitian yang ingin dicapai secara singkat dan jelas dengan mengacu pada permasalahan penelitian dan dapat diukur tingkat pencapaian keberhasilannya.
Contoh:
Judul
Permasalahan
Tujuan
Penggunaan Model Pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat Untuk Melatihkan Keterampilan Teknologi Pada Kegiatan Rancang Bangun Karya/Alat Listrik di Kelas V SD.                Apakah penerapan Model Pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) dapat melatihkan keterampilan teknologi pada kegiatan rancang bangun karya/ Alat Listrik pada siswa kelas V SD?         Ingin mengetahui:
•  Keterlaksanaan model pembelajaran STM dalam melatihkan keterampilan teknologi pada kegiatan rancang bangun karya/ Alat Listrik pada siswa kelas V SD.
•  Keterampilan-keterampilan teknologi apa saja yang muncul dan dapat dilatihkan pada pembelajaran rancang bangun karya Listrik di SD kelas VI dengan model pembelajaran STM
Penggunaan Alat Peraga APIUK Untuk Mening-katkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Lambang Unsur dan Rumus Kimia di Kelas VII Semester 1 SMP            Apakah penggunaan Alat Peraga APIUK dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Lambang Unsur dan Rumus Kimia di Kelas VII Semester 1 SMP?      •  Ingin mengetahui seberapa tinggi hasil penguasaan siswa terhadap materi lambang unsur dan rumus kimia dengan menggunakan alat peraga APIUK.
•  Ingin memperoleh pendapat (kesan dan respon) siswa tentang pelaksanaan pembela-jaran lambang unsur dan rumus kimia dengan menggunakan alat peraga APIUK
Peningkatan Keterampilan Menginfer dan Menginterpretasikan Data Dalam Pelajaran IPA di SMP Pada Topik Perpindahan Energi Dengan Model Pembelajaran Induktif.     Bagaimanakah cara meningkatkan keterampilan siswa dalam menginfer dan menginterpretasikan data pada topik Perpindahan Energi melalui model Pembelajaran Induktif?              •  Meningkatkan keterampilan siswa dalam menginfer dan menginterpretasikan data
•  Meningkatkan hasil belajar siswa

e  Manfaat Hasil penelitian
Pada bagian ini uraikan kontribusi hasil penelitian baik dari segi pengembangan teori (tapi tidak terlalu ambisius) dan praktik terhadap pengembangan kualitas pembelajaran sehingga tampak manfaatnya bagi guru dan siswa, maupun komponen pendidikan di sekolah lainnya. Kemukakan inovasi yang akan dihasilkan dari penelitian ini.

3. Kajian Teori/Kajian Pustaka
Pada bagian ini diuraikan dengan jelas kajian-kajian teori yang mendukung permasalahan yang dibahas dalam penelitian dan mendasari usulan proposal PTK. Di samping teori-teori yang relevan dengan masalah yang akan dicari solusinya, kemukakan juga temuan dan atau hasil/bahan penelitian lain yang mendukung pilihan tindakan untuk mengatasi permasalahan yang dikemukakan. Kajian pustaka juga digunakan untuk menyusun kerangka berpikir atau konsep yang akan dgunakan dalam penelitian.

4. Metode Penelitian (Rencana dan Prosedur Penelitian)
Pada bagian ini diuraikan secara jelas seting penelitian yang akan dilakukan. Kemukakan subjek penelitian, waktu, lamanya tindakan, serta lokasi penelitian secara jelas . Contoh: subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 58 Bandung berjumlah 40 orang terdiri atas 20 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan dengan tingkat kemampuan siswa rata-rata. Penelitian akan dilakukan pada bulan Januari s. d April tahun 2007.
Prosedur atau rencana tindakan dituliskan secara rinci mulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi serta evaluasi. Tunjukkan siklus-siklus kegiatan penelitian dengan menguraikan indikator keberhasilan yang dicapai setiap siklus sebelum pindah ke siklus berikutnya. Jumlah siklus sebaiknya lebih dari satu. Untuk dapat membantu menyusun bagian ini, disarankan untuk menuliskan pokok-pokok rencana kegiatan dalam suatu tabel. Contohnya sebagai berikut.
Contoh Pokok-pokok Rencana Kegiatan
Siklus I 
Refleksi awal


Perencanaan    
•  Menganalisis hasil pembelajaran dengan pada topik tertentu
•  Identifikasi masalah yang terjadi , menyusun hipotesis tindakan
•  Mendiskusikan apa yang harus disiapkan
•  Merencanakan pembelajaran yang akan diterapkan dalam PBM
•  Menentukan materi pokok
•  Mengembangkan skenario pembelajaran dengan model pembelajaran
•  Menyusun LKS
•  Menyiapkan sumber belajar
•  Mengembangkan format/instrumen evaluasi
•  Mengembangkan format observasi
Tindakan              •  Menerapkan tindakan mengacu pada skenario pembelajaran
Observasi            •  Melakukan observasi dengan menggunakan format observasi
•  Menilai hasil tindakan
Refleksi                •  Melakukan evaluasi dari setiap macam tindakan yang telah dilakukan
•  Mendiskusikan hasil evaluasi
•  Memperbaiki pelaksanaan tindakan sesuai hasil evaluasi
Siklus II
Perencanaan
•  Identifikasi masalah yang muncul dari perlakuan pada siklus 1
•  Penetapan alternatif pemecahan masalah
•  Pengembangan program tindakan II
Tindakan              •  Pelaksanaan program tindakan II
Observasi            •  Melakukan observasi terhadap pelaksanaan program tindakan II dengan menggunakan format observasi
•  Menilai hasil tindakan
Refleksi                •  Melakukan evaluasi dari setiap macam program tindakan II yang telah dilakukan
•  Mendiskusikan hasil evaluasi
Siklus berikutnya             
dst          Dst
Sumber: Suhardjono: (2006: 70-71)
Di dalam bagian metodologi juga diuraikan prosedur pengumpulan data yang mencakup teknik pengumpulan data (apakah menggunakan teknik wawancara, tes, dokumen, observasi, dll), instrumen yang digunakan, serta cara mengolah data.